Tidak banyak diketahui tentang riwayat hidupnya.
Menurut Sa’id Andalusi, Ibnu Wafid lahir pada tahun 398 H/1007 M. Ibnu Wafid ialah seorang Muslim Andalus yang terkenal sebagai ahli farmakologi, perubatan dan teori pertanian.

Setelah belajar ilmu perubatan daripada Abu Qasim az-Zahrawi di Kordova, beliau menetap di Toledo pada 460 H/1067 M. Karya fenomenanya berjudul Kitab Jami’ al-Thib, kemudian diterjemah ke dalam bahasa Latin dengan judul De Medicinis Universalibus et Particularibus.
Walaupun beliau ahli farmasi, Ibnu Wafid lebih suka merawat sesuatu penyakit dengan diet yang tepat. Jika terpaksa, beliau menggunakan campuran ubatan sederhana.
Ibnu Wafid memperkenalkan penggunaan ukuran diet untuk penyembuhan suatu penyakit dan penyelidikan mengenai “kelakuan” ubat bius dalam tubuh manusia.
Hanya beberapa karya Ibnu Wafid yang masih ada:
1. Kitab fi al-Aswiya al-Mutrada telah diterjemah dan diringkaskan ke dalam bahasa Latin oleh Gerard dari Cremona, dengan judul Liber Albenguefith Phlosophi de Virtutibus Madicinarum et Ciborum.
Buku tersebut telah diterjemahkan ke bahasa Hebrew dan Catala. Teks asalnya dalam bahasa Arab.
2. Kitab al-Wisad fi ath-Thibb
3. Majmu’fi al-Filaha”. Teksnya dalam bahasa Arab dan Castilia pernah dibahas oleh Gracia Gomez dan Millas.
4. De Balneis Semo. Judul ini disebut oleh Mieli. Namun tidak jelas hubungannya dengan karya yang pernah ditulis sebelumnya.